Rabu, 02 Februari 2011

Mengenal Ras ANJING

Anjing adalah mamalia yang telah mengalami Domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun lalu atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan test DNA. 
Ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan peranjingan (kebiasaan, tingkah laku, ras, makanan,dll) disebut KINOLOGI (dari bahasa Belanda, KYNOLOGIE).
Setidaknya terdapat 7 ras anjing di dunia dengan ciri-ciri dan nama-namanya sebagai berikut :
ANJING GEMBALA
Anjing-anjing dalam ras ini adalah anjing-anjing yang umum digunakan untuk menggembalakan hewan ternak. Mereka dilatih untuk menakut-nakuti hewan ternak agar dapat dikendalikan. Jenis-jenis anjingnya adalah : Border Collies, Belgian Malinois, German Shepherd (Herder), Welsh Corgi, Canaan dan Australian Cattle.
ANJING PEMBURU
Anjing-anjing ini mengikuti manusia untuk berburu. Bukan untuk melumpuhkan hewan buruan, hanya untuk membuat buruan tidak dapat melarikan diri dan memungut hasil buruan. Jenis-jenis anjingnya adalah : Pointing Breed (penunjuk lokasi buruan), Setter (pencari hewan buruan), Spaniel dan Retriever (Pemungut buruan).
ANJING PELACAK
Anjing-anjing didapat dilatih untuk melacak seperti : bom, obat terlarang, orang dan lainnya. Termasuk dalam kelompok ini adalah : Beagle, Bloodhound, Basset Hound, Coonhound, Fox  Hound, Otter Hound dan Terrier.
SIGHTHOUND
Merupakan anjing yang mengerjar dan menyerang segala mangsa yang terlihat. Termasuk dalam kelopok ini adalah : Borzoi, Saluki, Sloughi, Pharaoh Hound, Azawakh, Whippet dan Greyhound.
MASTIFF
Anjing-anjing dalam kelompok ini bertubuh besar dan tinggi. Memiliki dada yang besar dan tengkorak yang tebal. Umumnya mereka digunakan untuk berperang atau anjing penjaga.
BULLDOG
Hewan ini dibiakkan untuk berkelahi dengan hewan peliharaan lain atau binatang liar. Anjing jenis ini memiliki tengkorak persegi, tulang yang besar, bahu yang lebar dan berotot kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar