Kamis, 03 Februari 2011

Hewan-Hewan Yang Digunakan Sebagai Lambang Sebuah Negara

Hewan tidak hanya digunakan untuk mewakili karakter manusia (Shio) atau rangkuman dari berbagai gerakan seni beladiri (Kungfu) melainkan juga mewakili ideologi sebuah bangsa, beberapa diantaranya adalah :
Burung GARUDA 
Hewan ini menjadi lambang negara INDONESIA dan THAILAND. Di Indonesia, Garuda muncul dalam berbagai kisah terutama di Bali dan Jawa. Dalam banyak kisah, burung Garuda melambangkan kebajikan, pengetahuan, keberanian, kesetiaan dan kedisiplinan.Garuda juga memiliki sifat Wishnu (Hindu) sebagai pemelihara dan penjaga tatanan alam semesta. Bentuk dan bagian tubuh burung Garuda sebagai lambang kedua negara ini memiliki filosofinya masing-masing.
Burung ELANG BOTAK
Hewan ini digunakan sebagai lambang negara AMERIKA SERIKAT. Dari perspektif elang, burung ini menggenggam himpunan 13 batang anak panah di cakar kirinya (melambangkan 13 koloni awal pembentukan Amerika Serikat) dan sebuah ranting zaitun di cakar kanannya. Singkat cerita kedua lambang tersebut mengartikan bahwa negara ini adalah cinta damai namun selalu siap sedia untuk berperang.
SINGA dan HARIMAU

Kedua hewan ini tergambar menjadi bagian dari lambang negara SINGAPURA. Susunan letak kedua hewan ini mengapit sebuah perisai dimana Singa (melambangkan negara SINGAPURA) di sebelah kiri dan Harimau (melambangkan negara MALAYSIA) di sebelah kanan. 
KANGGURU Merah DAN Burung EMU
Kedua hewan ini menjadi lambang negara AUSTRALIA. Kedua hewan ini dipilih menjadi lambang negara karena keduanya merupakan satwa asli benua Australia. 
HARIMAU
Harimau digunakan sebagai lambang negara MALAYSIA. Kedua Harimau yang menopang perisai merupakan simbol kekuatan dan keberanian yang diambil dari lambang Negara Federasi Malaya.
Kuda ZEBRA
Hewan ini digunakan sebagai lambang negara BOTSWANA (terletak di bagian selatan Afrika).
KUDA dan BUAYA
Kedua hewan ini digunakan sebagai lambang Kerajaan LESHOTO (bagian selatan Afrika).
Masih banyak lagi lambang-lambang negara yang menggunakan hewan sebagai simbol dan memiliki makna serta filosofi yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar