Minggu, 23 Januari 2011

Rantai Makanan (sederhana) Di Laut


Plankton
Merupakan rantai makanan terendah di lautan terdiri atas Phyto Plankton (tumbuhan) dan Zoo Plankton (hewan). Apabila dilihat per individu, keberadaan Phyto Plankton di laut tidak dapat dilihat dengan mata telanjang namun bila berkumpul dalam jumlah besar maka akan muncul sebagai warna hijau (adanya klorofil dalam sel mereka). Phyto plankton memperoleh energy dari proses fotosintesa, artinya secara langsung keberadaan/kelestariannya mempengaruhi kadar oksigen di bumi.
Larva Ikan
Plankton adalah sumber makanan bagi larva berbagai jenis ikan. Mereka dibutuhkan untuk perkembangan larva-larva menjadi ikan kecil.
Ikan Kecil
Sebagian larva ikan berhasil tumbuh menjadi ikan, sisanya dimangsa oleh ikan-ikan kecil yang berada disekitarnya. Ikan berukuran kecil seperti : ikan teri, ikan sardin, ikan herring, ikan kembung dll.
Ikan Besar
Ikan besar adalah rantai makanan teratas di laut. Mereka memakan ikan-ikan yang berukuran lebih kecil dengan berbagai ragam cara berburu. Termasuk dalam kelompok ikan besar antara lain : ikan paus, berbagai jenis ikan hiu, ikan marlin dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar