Sabtu, 22 Januari 2011

Perubahan Perilaku Hewan Sebelum Terjadi BENCANA ALAM



Beberapa catatan dari berbagai Negara yang mengisahkan terjadinya migrasi hewan atau perubahan perilaku sejumlah hewan (peliharaan atau liar) sebelum terjadinya bencana alam :
1.1
           Tahun 1975, para pejabat China memerintahkan evakuasi Haicheng, sebuah kota dengan satu juta orang, hanya beberapa hari sebelum gempa 7,3 skala Richter. Perintah evakuasi ini berasal dari pengamatan atas perubahan perilaku hewan seperti : perilaku anjing yang berlebihan (menggonggong dan menggigit),  Hanya sebagian kecil dari penduduk terluka atau terbunuh. Jika kota tersebut belum dievakuasi, diperkirakan bahwa jumlah korban jiwa dan cedera bisa melebihi 150.000 orang.
     
        Tahun 1995 di Kobe, sebelum terjadinya bencana gempa bumi yang menewaskan lebih dari 6.000 orang, Kiyoshi Shimamura (seorang peneliti) menemukan bahwa anjing menggonggong "berlebihan" naik 18% rata-rata pada bulan-bulan sebelum gempa.
         Tahun 2004, 1 jam sebelum terjadinya tsunami di Sri Lanka dan Thailand, beberapa ekor gajah melarikan diri keatas bukit. Bencana tsunami ini akhirnya mengerengut nyawa 150.000 orang di kedua Negara tersebut.  
  
     Tahun 2008, Migrasi massa kodok sebelum gempa dahsyat pada bulan Mei 2008 di China yang menewaskan sedikitnya 68.000 orang di sana.
4.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar