Minggu, 30 Januari 2011

Memelihara Hewan Kesayangan = Mengurangi STRESS

Bermain bersama dengan hewan kesayangan tentunya mendatangkan kesenangan tersendiri. Tidak hanya itu, hewan kesayangan ternyata juga dapat membantu pekerjaan atau menolong kita. Sebut saja anjing, selain dapat menjaga rumah, ia dapat dilatih menuntun orang buta.
Beberapa hasil penelitian telah dilakukan terhadap perilaku hewan peliharaan dan dampaknya bagi kesehatan kita :

ANJING
Menurut Dr. Becker (penulis buku The Healing Power Of Pets), memelihara anjing dapat menurunkan tekanan darah, triglisarida dan kolesterol. Selain itu berjalan bersama anjing kesayangan dapat meningkatkan kebugaran pemiliknya. Namun demikian perawatan intensif terhadap bulu-bulunya perlu dilakukan guna mengurangi reaksi alergi. 
KUCING
Dr. Becker mencatat bahwa kucing memiliki suhu sekitar 101,5 derajat dan mendengkur dengan getaran 25 getaran per detik, frekwensi ini mampu untuk menurunkan tekanan darah. Namun perlu diperhatikan jenis dan perilaku kucing. Jenis kucing Shorthair Amerika dan Siamese umumnya ramah untuk anak.
IKAN
Melihat ikan bermain hampir sama dengan mendengarkan musik karena itu banyak ruang tunggu dokter yang  dihiasi dengan aquarium. Beberapa studi membuktikan bahwa menghabiskan waktu di alam dan sekitar satwa liar dapat mengurangi stress dan meningkatkan kesejahteraan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar