Jumat, 18 Maret 2011

AYAM CEMANI - Ayam Pembawa Hoki...


Ayam CEMANI merupakan ayam lokal Indonesia, berasal dari pulau Jawa. Keunikan ayam ini adalah seluruh anggota tubuhnya berwarna hitam legam mulai dari jengger, paruh, bola mata, rongga mulut, lidah, bulu, sayap, lubang dubur, kaki, cakar bahkan jeroan, darah dan tulangnya.
Asal muasal ayam CEMANI adalah keturunan ayam Kedu Hitam, yang banyak dipelihara oleh masyarakat jaman dahulu di Kahuripan desa Kedu pada jaman Kerajaan Majapahit (abad 19). Ayam ini sangat istimewa pada jamannya, karena banyak dipelihara oleh para Raja dan keturunan ningrat.
Hingga kini keberadaannya sudah sulit ditemui mengingat ayam ini sulit dikembangbiakkan namun peminat hewan ini tidak berkurang.
Konon khasiat ayam CEMANI adalah pembawa hoki bagi pemeliharanya. Selain itu, dipercaya dapat sebagai tumbal untuk kebutuhan ritual/ruwat gaib seperti : ritual penggantian harta karun, pengobatan, ruwat bangunan pabrik, gedung, mall, plaza, hotel, kantor dll.
Saat ini ayam CEMANI asli dihargai dengan kisaran Rp. 50.000.000,- sampai Rp. 250.000.000,- per ekornya tergantung keinginan pemilik melepas ayamnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar